CHANNEL8.id – Seekor burung Albatros Lysan betina dicatat sebagai burung tertua di dunia yang masih hidup sampai saat ini. Burung berusia 68 tahun itu baru saja menetaskan telurnya.

Artinya, di usia yang sudah sangat tua untuk seekor burung, burung bernama Wisdom ini masih produktif secara biologis. Hal ini menarik karena menemukan pasangan kawin bagi seekor burung albatros bukanlah hal mudah.

Biasanya mereka mulai mencari pasangan sejak umur remaja dengan cara menari hingga menemukan pasangan yang tepat. Burung ini pun terkenal sebagai pasangan yang setia karena tidak berganti-ganti pasangan hingga mati.

Kembali ke Wisdom. Burung ini diidentifikasi oleh pakar biologi Chandler Robbins pada 1856 di pulau Midway.

Saat itu, Wisdom sudah dewasa. Diperkirakan umurnya 6 tahun kala itu. Lalu, 46 tahun kemudian, Chandler Robbins kembali menemukannya lewat label nomer yang pernah dipasangnya.

Meski Wisdom disebut sebagai burung tertua, namun tak menutup kemungkinan masih ada spesies burung lain yang lebih tua mengingat masih banyak yang belum teridentifikasi.

Wisdom sendiri dapat didentifikasi dengan cukup mudah karena setiap tahun dia selalu kembali ke pulau Midway untuk kawin bersama pasangannya, Akeakamai.

Mereka pun telah menetaskan telurnya setiap tahun sejak 2006. Sekali bereproduksi, burung ini hanya menghasilkan satu telur. Setelah telur menetas, telur itu akan dierami selama lebih dari 2 bulan.

Setelah menetas, diperlukan lima atau enam bulan lagi untuk anak burung tersebut siap hidup mandiri. Pulau Midway sendiri dianggap sebagai habitat yang penting untuk burung ini karena 70 persen dari populasi burung Laysan Albatros ada di sana untuk merawat anaknya.

Karena itu, tempat ini menjadi penting untuk target konservasi. Sumber : Gizmodo.com