CHANNEL8.id – Lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, akhirnya menyatakan bahwa robot penjelajah planet Mars yang mereka namai Opportunity, ‘tutup usia’, Rabu, 14 Februari 2019.

Robot dengan 6 roda itu dinyatakan tutup usia setelah tak sanggup lagi berkomunikasi dengan bumi. Pengumuman ini disampaikan oleh Thomas Zurbuchen, administrator associate dari Direktorat Misi Sains NASA saat konferensi pers di markas NASA di Pasadena, California.

Opportunity yang kemudian disebut ‘Oppy’, 14 tahun lalu dikirim ke Mars untuk meneliti sejarah keberadaan air di mars. Bagi peneliti, ini adalah salah satu misi paling bermanfaat sepanjang sejarah penjelajahan luar angkasa.

Kemudian pada Juni 2018, Oppy terjebak dalam badai debu yang menyebabkan robot itu tak bisa lagi mengisi ulang daya baterai. Ratusan pesan dari bumi pun tak mendapat respon selama beberapa bulan terakhir. Upaya kontak terakhir dari bumi, dilakukan Nasa pada 12 Februari 2019 lalu.

Meski menyedihkan bagi NASA, namun Oppy telah melakukan pencapaian yang luar biasa. Semula, peneliti memprediksi robot ini hanya akan bisa bertahan selama 90 hari di Mars.

Nyatanya, selama 14 tahun robot itu tetap bertahan dan menjelajah hingga 45,2 km. Sepanjang kiprahnya, Oppy telah mengirim 217.594 gambar permukaan mars.

Dengan citra-citra tersebut, peneliti di NASA semakin mendapat banyak informasi penting dalam upaya mempelajari planet merah tersebut. Salah satunya adalah temuan “Veins of gypsum’ yang disebut sebagia bukti tambahan bahwa air pernah mengalir di antara bebatuan mars.

Pensiunnya Oppy dari penjelajahan mars ini sendiri mendapat perhatian dari banyak orang. Di media sosial misalnya, muncul tagar #GoodNightOppy dan #ThankYouOppy

Terimakasih Oppy!