Masalah psikologis kerap dialami seorang perempuan ketika sedang hamil. Terlebih, bila kehamilan itu terjadi karena tak direncanakan atau dalam situasi ketika perempuan itu dalam tekanan tinggi.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian terbaru yang menyebutkan bahwa 67 persend ari perempuan hamil di London, Inggris, yang berusia 16 hingga 24 tahun, mengalami persoalan mental. Diantaranya depresi, kegelisahan, hingga obsessive compulsive disorder.

Temuan ini diungkap oleh penelitian yang dibiayai oleh National Institute for Health Research.

Dalam penelitian itu, peneliti dari Insitute of Psychiatry, Psychology & Neuroscience di King’s College London, merekrut 575 perempuan hamil untuk diteliti. Dari 575 orang itu, 57 di antaranya berusia antara 16 hingga 24 tahun.

Selain itu, mereka yang di bawah 25 tahun itu, rata-rata tidak berkulit putih, lajang, miskin, tunawisma, pengangguran, atau dengan kata lain, hidup dalam kondisi yang tidak layak. Kehamilan yang mereka alami pun merupakan kehamilan yang tidak direncanakan.

Dalam kondisi yang demikian, tidak mengherankan bahwa selama mengalami kehamilan, mereka hidup dalam tekanan mental yang tinggi.

Penulis utama Dr Georgia Lockwood Estrin, Senior Research Associate di King’s College London, mengatakan: “Kami telah menunjukkan prevalensi gangguan mental yang sangat tinggi pada wanita hamil muda yang berusia 16 hingga 24 tahun di London dibandingkan dengan wanita berusia 25 tahun atau lebih. Kami menemukan bahwa, dibandingkan dengan penelitian sebelumnya telah berfokus terutama pada depresi pascanatal, wanita muda mengalami berbagai gangguan mental selama awal kehamilan, dengan gangguan kecemasan yang sangat lazim,” ujarnya seperti dikutip dari EurekAlert.

Meski membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun temuan ini memperkuat teori bahwa kehamilan yang terjadi ketika perempuan dalam kondisi belum matang secara mental atau hidup dalam tekanan, dapat menyebabkan depresi yang lebih tinggi dan berbahaya.

Baca Juga : Mempelajari Manfaat Seledri untuk Ibu Hamil dan Janin

Baca Juga : Olga Ladyzhenskaya, Pakar Matematika Perempuan dari Rusia yang Jadi Google Doodle Hari ini