CHANNEL8.id – Seorang perempuan di China mengalami kondisi yang aneh yang membuatnya tak bisa mendengarkan suara lelaki.

Keanehan ini muncul ketika suatu hari perempuan bernama Chen tersebut berjalan-jalan di pagi hari dan tiba-tiba tidak bisa mendengar suara kekasihnya. Dia pun lantas memeriksakan diri ke RS.

Kepada dokter, Chen mengatakan bahwa malam sebelumnya, telinganya berdenging lalu diikuti dengan muntah-muntah.

Di RS, Chen diperiksa oleh Dr Lin Xiaoqing, seorang dokter perempuan.

Chen pun dapat mendengar ucapan-ucapan dokter tersebut, namun tak bisa mendengar suara-suara pasien lelaki yang juga ada di ruangan tersebut.

Seperti dilaporkan Newsweek, Dr Lin Xiaoqing mendiagnosa Chen mengalami kondisi kehilangan pendengaran terbalik atau reverse-slope hearing loss, sebuah kondisi yang langka yang menyebabkan telinganya tak bisa mendengar suara-suara berat pria atau suara-suara dengan frekuensi rendah.

Merujuk pada temuan klinik audiologi ‘Audiology HEARES. P.C., di Cumming, Georgia, Reverse-slope hearing loss (RSHL), dinamai demikian karena sesuai dengan gambar atau visualisasi grafisnya menunjukkan adanya kemampuan pendengaran yang tajam secara tiba-tiba karena gangguan pendengaran frekuensi tinggi.

Kondisi ini diperkirakan terjadi pada 3 ribu orang di Amerika Serikat dan Kanada. Artinya, dari 12 ribu orang yang mengalami kehilangan pendengaran, ada satu yang mengalami kondisi RSHL.

Seperti diketahui, manusia mendeteksi suara melalui getaran rambut-rambut kecil di dalam telinga.

Seiring waktu, baik karena faktor genetika, cedera, atau penggunaan obat-obatan, rambut-rambut itu bisa menjadi rapuh dan rentan terhadap kerusakan, kata Dr. Michelle Kraskin, seorang audiolog dan asisten direktur dari Pusat Medis Weill Cornell di Rumah Sakit Presbyterian New York di Kota New York.

Rambut-rambut yang mengeluarkan suara frekuensi tinggi lebih halus dan karena itu, mereka yang cenderung lebih dulu mati, kata Kraskin kepada Live Science.

Ini menjelaskan mengapa gangguan pendengaran lebih sering mempengaruhi kemampuan kita untuk mendengar suara yang lebih tinggi daripada yang lebih rendah, katanya.

Kehilangan pendengaran suara bernada rendah (yang dialami Chen) juga kurang umum karena bagian pemrosesan bass dari koklea – struktur berbentuk siput jauh di telinga bagian dalam – sangat terlindungi dengan baik, kata Jackie Clark, seorang profesor klinis dengan School of Behavioral dan Brain Sciences di University of Texas di Dallas, yang juga tidak terlibat dengan kasus Chen.

Seperti dikutip dari Live Science, RSHL yang terjadi tiba-tiba bisa terjadi karena adanya masalah pembuluh darah atau trauma.

Gangguan autoimun yang mempengaruhi telinga bagian dalam – yang diperkirakan terjadi pada sekitar 1 persen populasi A.S. – mungkin juga menjadi penyebab RSHL, kata Clark.

Memang, kondisi autoimun di telinga bagian dalam dapat menyebabkan masalah keseimbangan yang dapat menyebabkan muntah – gejala yang dijelaskan Chen kepada dokternya, catat Clark.

Meskipun mungkin lucu membayangkan sebuah dunia di mana suara laki-laki tidak ada, kehilangan pendengaran bukanlah masalah tertawa, kata Clark. Orang-orang yang mengalami kehilangan pendengaran yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan harus mengunjungi spesialis secepat mungkin.

Memang, kondisi autoimun di telinga bagian dalam dapat menyebabkan masalah keseimbangan yang dapat menyebabkan muntah seperti gejala yang dijelaskan Chen kepada dokternya.

Kabar baiknya adalah bahwa ketika RSHL terdeteksi dengan cepat, kemungkinan bagus bahwa gangguan pendengaran dapat dibalik, kata Kraskin.

“Sebagian besar penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda menangkapnya dalam waktu 48 jam, Anda memiliki peluang terbaik untuk pemulihan,” katanya.

Perawatan dapat melibatkan steroid dosis tinggi, tetapi kadang-kadang kondisi itu bisa hilang tanpa perawatan apa pun.

Kembali ke Chen, dalam kasus yang dia alami, dokternya mengatakan bahwa stres karena bekerja lembur dan kurang tidur menyebabkan penurunan pendengaran frekuensi rendah Chen, menambahkan bahwa istirahat akan segera sepenuhnya memulihkan pendengaran wanita itu.

Editor: c8admin