CHANNEL8.id – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Jawa Bali berencana menambah 9 unit trafo sepanjang 2019.

General Manager PLN Unit Induk Jawa dan Bali, Soeroso, mengatakan, penambahan trafo tersebut sebagai bagian dari proyek 35.000 MW yang dicanangkan pemerintah.

“Trafo sebanyak 9 unit ini juga untuk menjamin kebutuhan listrik di Jawa dan Bali yang kini semakin meningkat,” katanya melalui pernyataan tertulis, Kamis (10/1/2019).

Kata dia, kapasitas trafo yang akan ditambah tersebut tidak terlalu besar, masih di bawah kapasitas trafo yang sudah dipasang tahun lalu.

Eksekutif Vice Presiden Organisasi Regional Jawa Bagian Timur Bali dan Nusa Tenggara (JBTN), Ari Wardhana menambahkan, pihaknya akan terus membangun infrastruktur ke berbagai daerah, bahkan sampai ke timur Indonesia seperti Lombok, NTB dan NTT.

“Investasi trafo tersebut nantinya tidak hanya dilakukan di area Jawa dan Bali, tetapi juga nasional sampai ke wilayah timur Indonesia,” tambahnya.

Sepanjang 2018 lalu, tercatat PLN Unit Induk Jawa dan Bali telah menambah 2.570 MVA. Di antaranya, penambahan oleh unit induk transmisi sebanyak 18 trafo dengan kapasitas 1.220 MVA, dan unit proyek sebesar 1.350 MVA.

Editor: c8admin