CHANNEL8.id – Ajang Mobile World Congress 2019 yang digelar di Barcelona dimanfaatkan oleh Sony untuk meluncurkan ponsel andalan terbarunya, Sony Xperia 1.

Dengan layar rasio aspek 21: 9 yang dirancang untuk melihat konten sinematik, Xperia 1 memiliki tinggi 167 mm atau sekitar 1 cm lebih tinggi dari iPhone terbesar saat ini dan sekitar 0,5 cm lebih ramping.

Tak berbeda dengan spesifikasi ponsel lain yang dikeluarkan pada 2019, Sony Xperia 1 juga menggunakan chipset Snapdragon 855 dengan RAM 6 GB. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi tiga kamera yang terdiri dari lensa lebar, lensa ultrawide, dan lensa telefoto. Meski tidak berbeda dari ponsel kebanyakan, namun Sony Xperia 1 memiliki kemampuan untuk menciptakan gambar video yang berkualitas sehingga memberikan pengalaman menonton video yang memuaskan.

Sony Xperia 1 adalah smartphone pertama yang menggunakan layar OLED HDR 4K yang ideal untuk menonton film. Selain itu Xperia 1 juga dilengkapi perangkat lunak pemrosesan video yang teknologinya diambil dari TV Bravia Sony.

Video yang dibuat menggunakan Sony Xperia 1 memiliki format 21:9. Memang, format ini tidak lumrah untuk YouTube. Tetapi format ini biasa dipakai di aplikasi streaming film

Konten video yang diformat dalam 21: 9 tidak sepenuhnya umum di YouTube, tetapi Anda dapat menemukannya di aplikasi streaming film. Dari segi suara, ada dukungan dari surround Dolby Atmos.

Untuk membuat Xperia 1 memberikan pengalaman menikmati video yang memuaskan, Sony mengandalkan divisi kamera CineAlata untuk mengembangkan sistem reproduksi warna, baik untuk melihat atau membuat konten video.

Bagi kebanyakan pengguna smartphone, hal ini mungkin tidak berarti banyak. Namun bagi para profesional movie creator, menggenggam Sony Xperia 1 terasa seperti memiliki kamera dan master monitor dalam satu unit yang bisa dibawa kemana-mana. Apalagi di dalamnya sudah dilengkapi kemampuan stabilisasi optik dan gambar elektronik untuk membuat video terasa smooth.

Lalu bagaimana dengan kemampuan menghasilkan foto?

Di sisi fotografi, Sony telah mengembangkan sistem pelacakan autofokus mata dari kamera mirrorless A7 dan mengadaptasinya di Xperia 1. Kamera Xperia 1 juga dapat terus melacak autofokus sembari memotret dengan sepuluh eksposur per detik.

Ponsel ini juga memiliki kemampuan mengurangi Noise RAW untuk kinerja di tengah cahaya rendah yang lebih baik. Selain itu, tiga lensa yang menjadi persenjataan Xperia 1 juga memungkinkan pengambilan gambar untuk lansekap yang lebih luas dan zoom optik hingga 2 kali.

Hingga kini, belum diketahui kapan Sony akan merilis Xperia 1 di Indonesia.

Baca Juga : Huawei Mate X, Ponsel Lipat Pertama Dari Huawei yang Bakal Jadi Pesaing Galaxy Fold

Baca Juga : Meluncur di China, Xiaomi Mi 9 Jadi Ponsel Pertama Pengguna Chipset Qualcomm Snapdragon 855