CHANNEL8.ID – Operator telekomunikasi Telkomsel mengganti layanan TCASH dengan LinkAja, Jumat (22/2/2019). Dengan perubahan ini, aplikasi T-Cash yang dimiliki oleh pengguna praktis terkonversi menjadi LinkAja.

LinkAja merupakan produk Fintech yang dibentuk oleh 7 BUMN, yakni Telkomsel, BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, Pertamina, dan Jiwasraya. Dari 7 BUMN itu, Telkomsel memegang saham paling besar, yakni 25 persen. Fintech ini muncul dengan bendera PT Finarya atau Fintek Karya Nusantara.

CEO PT Finarya, Danu Wicaksana, mengatakan bahwa semua layanan dan fitur yang smeula ada di layanan TCASH, masih tetap dapat diakses di aplikasi LinkAja yang dapat diunduh di AppStore maupun GooglePlay.

“Kami akan mengembangkan berbagai fitur baru untuk LinkAja. Hadirnya layanan keuangan yang menyeluruh dari LinkAja diharapkan dapat semakin mengakselerasi inklusi keuangan dan mempercepat terbentuknya cashless society yang diusung pemerintah dalam Gerakan Nasional Non-Tunai ” ujar Danu melalui press release, Jumat (22/2/2019).

Sementara itu, dikutip dari laman linkaja.id, dijelaskan bahwa LinkAja adalah layanan keuangan elektronik berbasis aplikasi. Di sini, para pengguna bisa memilih salah satu dari dua jenis layanan, yakni basic service atau full service.

Bedanya, layanan basic service menetapkan saldo maksimum sebesar Rp 2 juta. Sedangkan layanan full service, saldo maksimumnya adalah sebesar Rp 10 juta.

Bagi para pengguna layanan full service LinkAja, pengguna dapat menggunakan semua fitur yang tersedia, yakni cash ini, belanja online, bayar dan beli di HP, tap payment, sharing money, serta cash out.

Sedangkan para pengguna layanan LinkAja basic service, tidak tersedia layanan sharing money dan cash out.

Untuk mendapatkan layanan full service LinkAja, semua pelanggan Telkomsel, baik kartu HALO, simPATI, kartu AS, dan Loop, harus melakukan verifikasi data di GraPARI terdekat dengan membawa kartu identitas asli, baik KTP maupun paspor.

Berikut adalah Cara Menggunakan LinkAja :

  • Install aplikasi terlebih dahulu di PlayStore dan App Store
  • Registrasi dan buat akun LinkAja dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di aplikasi. Pengguna bisa memencet tombol “Mulai” untuk bisa menggunakan aplikasi LinkAja.
  • Isi saldo akun LinkAja untuk dapat melakukan transaksi. Pengisian saldo ini bisa dilakukan melalui rekening bank (ATM, mobile banking, ataupun internet banking) maupun melalui Indomaret, Alfamart, GraPARI, dan mitra LinkAja yang lainnya. Setelah saldo terisi, pengguna sudah bisa menggunakannya untuk belanja di merchant yang tersedia.
  • Untuk membayar merchant, pengguna harus menggunakan smartphone mereka untuk menggunakan fitur TAP di merchant tersebut.
  • Kemudian, arahkan kamera smartphone untuk snap QR di merchant yang menyediakan QR code. Untuk lebih lengkapnya, klik LOGO SNAP.

Baca juga : Meluncur di China, Xiaomi Mi 9 Jadi Ponsel Pertama Pengguna Chipset Qualcomm Snapdragon 855

Baca juga : Dilengkapi Kamera Depan yang Pop-Up, Ponsel Vivo v15 Pro Bakal Segera Hadir di Indonesia