CHANNEL8.ID – Teknologi Freeneg akan menyapa masyarakat desa Karangbong, kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo. Di desa tersebut, teknologi Freeneg akan dipakai untuk membantu warga mendapatkan air bersih.

Diharapkan, setelah air bersih diperoleh, perekonomian warga desa dapat diangkat sehingga mereka menjadi lebih sejahtera.

Kehadiran teknologi Freeneg ke desa Karangbong dibawa oleh Koperasi Empu Delapan.

Bagoes Nusanto Putro, ketua Koperasi Empu Delapan mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pengeboran untuk mendapatkan air bersih dari sebuah sungai bawah tanah yang ada di kedalaman sekitar 100 meter di desa Karangbong.

“Kami sudah melakukan penginderaan satelit dan menangkap ada aliran sungai bawah tanah di desa ini dengan kedalaman sekitar 100 meter,” kata Bagoes saat melakukan sosialisasi pengadaan air dengan teknologi Freeneg di balai desa Karangbong, Sabtu (9/3/2019).

“Untuk pengeboran, semua akan kami biayai dan air yang muncul dapat dipergunakan seutuhnya untuk warga desa,” sambungnya.

Dia menambahkan, pengadaan air tersebut akan menggunakan teknologi Freeneg dengan solar cell sebagai sumber pembangkit listrik.

“Listrik yang diperoleh dari solar cell akan dipakai untuk menghidupi baterai aki arus DC yang tersambung ke pompa yang ditanam dalam tanah untuk menyedot air,” jelasnya.

Sentot, perwakilan koperasi Empu Delapan yang juga menjadi pelaksana teknis pengadaan air di desa Karangbong menambahkan, air bersih yang diperoleh, juga bakal dapat dimanfaatkan warga untuk budidaya udang vaname.

Nantinya, koperasi Empu Delapan akan membantu pengadaan peralatan budidaya yang dibutuhkan warga. Selain itu, setelah panen, koperasi Empu Delapan juga siap membantu pemasaran produk hingga ke luar negeri.

“Dengan teknologi Freeneg yang nanti juga akan kami sediakan untuk budidaya udang vaname, masa produksi dapat dipangkas. Kalau umumnya udang vaname dipanen setelah 3 bulan, dengan teknologi Freeneg, udang dapat dipanen setelah 45 hari. Jadi lebih produktif,” kata Sentot.

Kepala Desa Karangbong, Fauzan Rahmad Bintoro mengatakan bahwa warga sangat menyambut baik inisiatif Koperasi Empu Delapan yang berkolaborasi dengan teknologi Freeneg. Dia berharap, dengan kerjasama ini, perekonomian warga dapat diangkat.

“Warga, semuanya antusias dan setuju segera dilakukan pengeboran. Harapannya, yang jelas untuk meningkatkan PAD. Kami sudah ancang-ancang banyak untuk berinovasi menambah perekonomian desa,” ujar Fauzan.

“Jadi kami berterimakasih ke Empu Delapan yang menunjuk kami sebagai partner untuk bekerja dan menambah penghasilan desa,” sambungnya.

Baca Juga : Anggi Janiar Pranata, Sosok Anak Muda di Balik Teknologi Freeneg

Baca Juga : Bisa Wujudkan Listrik Murah, Freeneg Dukung PLN Wujudkan Listrik Untuk Rakyat 

Baca Juga : Terobosan Baru Budidaya Udang Vaname Dengan Teknologi Freeneg, Masa Panen 2 Kali Lebih Cepat