CHANNEL8.id – Di bulan Ramadan seperti saat ini, silaturahmi adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Salah satunya, melalui buka puasa bersama.

Tapi tahukah anda, silaturahmi ternyata bukan hanya momen untuk saling menyapa, memperbaiki relasi, dan memberi maaf. Ternyata, silaturahmi juga bisa meningkatkan kesehatan jiwa, otak, dan menyebabkan panjang umur.

Alasannya, dalam melakukan silaturahmi, akan datang dukungan-dukungan sosial. Sementara, orang dengan dukungan sosial yang kuat, cenderung lebih panjang umur dibandingkan dengan orang yang kesepian dan terisolasi.

Kemudian, bergaul dan berteman juga terkait erat dengan sistem imun yang lebih kuat, terutama pada orang lanjut usia sehingga tidak rentan sakit.

Selanjutnya, berinteraksi dengan orang lain lewat silaturahmi, secara positif juga meningkatkan perasaan bahagia dan mengurangi depresi. Tidak percaya? Coba lihat reuni-reuni sekolah. Umumnya selalu penuh dengan tawa bukan?

Lalu, silaturahmi juga membantu menurunkan risiko demensia. Dikutip dari Kompas.com, sudah ada banyak bukti yan gmenunjukkan bahwa bersosialisasi bermanfaat positif bagi kesehatan otak.

Makanya, orang yang banyak bergaul, cenderung memiliki kemampuan kognitif dan daya ingat lebih baik. Dalam jangka panjang, hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya demensia.

Kesadaran bahwa silaturahmi dapat memberikan dampak yang luar biasa, diketahui betul oleh para alumni SMPN 8 Surabaya angkatan 1982 yang tergabung dalam Koperasi Usaha Empu 8.

Karenanya, di momen Ramadan seperti saat ini, mereka yang sehari-hari sibuk dengan pekerjaan dan persiapan lebaran, meluangkan waktu untuk bersilaturahmi melalui kegiatan buka puasa bersama di Hotel Sahid Surabaya, Sabtu, 18 Mei 2019.

Baca : Jeli Menatap Prospek Masa Depan, Koperasi Empu Delapan Sinergi Dengan Teknologi Freeneg

Baca : Terobosan Baru Budidaya Udang Vaname Dengan Teknologi Freeneg, Masa Panen 2 Kali Lebih Cepat

Tak hanya santap bersama, di silaturahmi ini, mereka juga bercengkrama sembari dihibur oleh live music yang membawakan lagu-lagu Koes Plus, band legendaris yang populer di masa-masa mereka dulu sekolah.

Gunawan Marsiyanto, pembina Koperasi Empu 8 Surabaya mengatakan, dirinya datang jauh-jauh dari Jakarta di sela kesibukannya, demi untuk bisa bersilaturahmi dengan sahabat-sahabatnya itu.

“Saya kira ini merupakan momen Ramadan seperti ini adalah momen yang pas untuk melepaskan sejenak beban pekerjaan dan berkumpul dengan sahabat-sahabat dan saudara. Kalau kita bahagia, kita pun sehat. Kalau sehat, bekerja menjadi lebih bersemangat,” ujar Gunawan.

Farhan Effendy, humas bidang luar negeri Koperasi Usaha Empu 8 menambahkan, buka puasa bersama ini merupakan momen penting untuk semakin mempererat hubungan para anggota.

“Saya rasa ini momen yang sangat baik untuk kami bercengkrama bersama, berbahagia bersama. Harapannya, ke depan gerak langkah kami dalam menjalankan koperasi ini menjadi semakin solid,” kata Farhan.

Seperti pernah diberitakan, Koperasi Empu 8 Surabaya adalah koperasi yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan.

Pendirian koperasi ini dilakukan tak cuma untuk mempererat jejaring sesama alumni SMPN 8 Surabaya, khususnya angkatan tahun 1982, tetapi juga untuk saling menopang dan menyejahterakan.